Minggu, 22 Mei 2011

Saya Sanguin ?

Selalu periang dan penuh pengharapan serta menganggap segala sesuatu yang dihadapi sebagai sesuatu yang sangat penting tapi dengan cepat bisa melupakan sesaat kemudian.
Dia ingin menepati janji-janjinya tapi gagal melaksanakan keinginannya itu sebab dia tidak cukup berminat untuk menolong orang lain .

Dia adalah seorang penghutang yang jelek yang terus menerus meminta waktu untuk membayar, tapi kelebihan dari dia adalah dia sangat luwes, pandai bergaul dan seorang yang periang.

Itulah deskripsi seorang Sanguin yang saya baca di buku berdasarkan analisa dari seorang Hipocrates yang mengelompokkan tempramen manusia berdasarkan psikolognya.
Mungkin menjadi seorang Sanguin adalah keinginan saya, bisa selalu ceria, penuh pengharapan dan humble bagi orang sekitarnya.
Pernah juga mencoba menjadi seorang Sanguin tapi saya tidak memperoleh apa-apa selain kecanggungan dan keanehan pada diri saya.

Rasa tidak nyaman dalam menjalani sosialisasi dengan lingkungan saya saat itu, oke .. saya ramah tapi ada saat tertentu saya bisa menjadi orang yang cuek, dingin bahkan tidak peduli dengan keadaan di lingkungan saya.

Tenggelam dengan dunia saya sendiri dan menikmati apa yang saya perbuat untuk memberikan kesenangan pada otak saya, itulah yang saya perbuat jika sedang khusyuk dengan satu hal.

Saya pelamun, saya pengharap tapi tak terlalu parah .. separah imajinasi saya yang bisa sangat aneh jika mata saya sedang membaca suatu fiksi atau pemaparan nyata.

Apakah saya seorang Sanguin .. ?

24 komentar:

  1. seperti ngak,ada batas tegas yang membedakan..

    BalasHapus
  2. sepertinya temperamen utama km malah melankolik bgt ya...

    BalasHapus
  3. @I-one iya .. sepertinya juga enggak kok ...

    BalasHapus
  4. @Farrel Fortunatus wah .. anda orang kesekian yg menebak saya seorang melankolis

    BalasHapus
  5. yang jelas gw ga akan mau deket2 ama lu,,,,, abis tukang ngutang -_-'

    BalasHapus
  6. @Mila Said : weh ... kan lu rentenirnya nek .. hahahaha .. pissss ^ ^

    BalasHapus
  7. setahuku, ga ada yang bulet sanguis, atau melankolis, atau (atau apa namanya yang lain?). biasanya kaya overlapped gitu dengan kecenderungan pada jenis tempramen tertentu..

    BalasHapus
  8. @Huda Tula : flegmatis yang satunya Hud .. oh . gitu yak .. gak ada spesifikasinya khusus gitu ..

    BalasHapus
  9. iya, kaya ada persentasenya. bisa aja kamu flegmatis 70%, melankolis 20 %, terus sanguinis 10%. Dan sebagainya....

    BalasHapus
  10. @Huda Tula : oooo .. berarti tempramen manusia gaka ada yg 100% sanguin gitu .. ? oke .. oke ..

    BalasHapus
  11. bener kata Huda Tula, setiap pribadi manusia terdiri dari gabungan temperamen. jadi akan ada prosentase mana temperamen utama (yg paling menonjol), temperamen kedua ketiga dan ke empat... biar lebih yakin coba aja melakukan test temperamen (cari bukunya atau googling aja).

    BalasHapus
  12. saya terlalu malas untuk menganalisa sanguin atau tidak :D
    karena manusia tidak akan pernah murni sanguin, melankoli, plegmatis atau lainnya ...
    setiap manusia bahkan bisa mencakup keempatnya

    BalasHapus
  13. @Farrel Fortunatus : wah .. ada tes nya ya ... nanti di cari deh .. thx infonya

    @John Terro : kebetulan iseng baca buku psikolog kmaren ... berarti gak ada yg 100% ya

    BalasHapus
  14. lo sendiri gimana anggapannya??? hehehe

    BalasHapus
  15. saya ngga tau, saya sanguin ato apa ya?

    BalasHapus
  16. salam sahabat
    masih terasa asing tuh mas hehheeh
    oh iya dah saya follow terima kasih

    BalasHapus
  17. emang ga ada yg 100% om..
    satu manusia kalo ga salah selalu punya ke empat2nya hanya saja berbeda persentase nya.dan yg paling dominan itulah yg biasanya ditonjolkan. jadi sekalipun satu orang dominan sanguin yg artinya disebut orang sanguin, tetap saja bukan berarti dia tidak memiliki sisi koleris, melankolis, dan phlegmatis juga.

    BalasHapus
  18. rasanya bukan 100 persen sanguin... malah kalo dibilang kayae mirip ama karakterku... apa coba namanya?

    BalasHapus
  19. kayaknya kamu perlu tes kepribadian deh, karena tidak murni seorang tuh punya cuman satu.. memang kalo dominan ada kemungkinannya, tetapi tidak seratus persen.

    saya sanguin, tapi melankolisnya lebih dominan.. sedikit phlegmatis dan koleris.

    BalasHapus
  20. nah, alhamdulillah sy bukan sanguin... berati sanguin termasuk kategory penyakit hati.. :)

    BalasHapus
  21. oke .. jadi kesimpulannya .. semua manusia memiliki keempat tempramen yg di definisikan Hipocrates ya .. ?
    tapi kadarnya masing-masing berbeda ...
    terima kasih semua ... jadi saya bukan sanguin 100% .. Alhamdulillah ..

    hehehehe ..

    ^ ^

    BalasHapus
  22. saya aja baru tahu definisi sanguin dari sini . . heheee

    BalasHapus
  23. Wah seru juga klo ada orang sanguin suasana gag bakaln sunyi..

    Selalu ada ja yg di omongin.. :D

    BalasHapus
  24. wah saya banget tuh bang..
    berarti bukan cuma saya yang seperti ini,, haha

    BalasHapus

udah baca kan .. ? gimana .. ? ada komentar gak .. ?