Selasa, 29 Maret 2011

Surabaya Vacation (Tugu Pahlawan)

Minggu pagi bareng teman - teman Surabaya Koprol Community saya berkesempatan untuk mempromosikan sedikit sudut kota Surabaya yang diantaranya belum saya kunjungi .. hehehe .. maafkan saya 

^ ^
Kunjungan di Tugu Pahlawan ... saya lahir di Surabaya dan baru kali ini melihat dan menyentuh secara langsung Tugu Pahlawan .. (sekali lagi maaf) 

Tugu Pahlawan, adalah sebuah monumen yang menjadi marka tanah kota Surabaya. Monumen ini setinggi 45 yard (40.5 meter) berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia.
Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.
Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 Nopember mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan (Wikipedia).

Merdeka Ataoe Mati
Disini sering sekali diadakan konser musik untuk memperingati Hari Pahlawan selain sebagai arena rekreasi keluarga karena banyak banget anak tuyul (baca anak kecil) berseliweran di lapangan yang luas banget ini.

Merdeka

Monumen ini berada di tengah-tengah kota di Jalan Pahlawan Surabaya, dan di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Tugu ini merupakan titik 0 (nol) kilometer untuk kota Surabaya. Berdiri di atas tanah lapang seluas 1,3 hektar, dan secara administratif berada di wilayah Kelurahan Alun-Alun Chontong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.

Me & Tugu Pahlawan
Jadi .. kurang afdol deh kalo ke Surabaya gak mampir dulu melihat kemegahan Tugu Pahlawan Surabaya ... mampir ya ..

27 komentar:

  1. Hmmm, aku yang asli Tulungagung... sekalipun juga belom ke sana Hoedz, ck


    nanti wis, tak usahain mampir ke sana kalo pulang ke Jawa :D

    BalasHapus
  2. wooowww,
    ini yang d fb kemaren,
    sm sperti waktu itu,dr thumbnail aku kira ini monas..
    Muahhahah guoblok...

    BalasHapus
  3. > Ajeng Sari Rahayu : ayo kapan ke Surabaya .. mampir kesini ya sekalian kopdar .. hahahahaha ..

    > Tito Heyziputra : hahahaha .. sudah saya publish duluan di FB ... jadi pengen lihat monas saya ... kapan ya ..

    BalasHapus
  4. wah keren mas huda,,,,, jadi pengen rekreasi kesana...

    BalasHapus
  5. baru kali itu ke tugu pahlawan to?hahaha
    podho kalo gitu..
    aku juga baru kesana pas kemaren nganterin keponakanku study tour bareng TK nya.Ironis, lahir di Surabaya tapi baru itu ke tugu pahlawan, bareng anak2 TK pula :p

    BalasHapus
  6. ganti template yah?? padahal bagusan yg dulu looh masss.

    BalasHapus
  7. aku lahir di jogja belum pernah foto-fotoan di Tugu, hehehe... padahal yang luar kota kalo pose heboh deh...

    BalasHapus
  8. waah yang di FB kemarin.
    iya, ntar kalau ke surabaya mampir ke sini dah biar afdol!!

    pinter kmu ya ganti template.. saya mah masi pakai yang bawaan dari blogger...

    BalasHapus
  9. Thanks for this interesting report - and greetings to the koprollers, who were with you and are in the fotos.

    Heinz Ower

    BalasHapus
  10. waaah... udah setaun lebih tapi belom pernah bisa nyempetin main ke tugu pahlawan apalagi nyentuh gitu. Kalo muter-muter dan lewat sih sering banget. hahaha..

    bagus deh, sukses bikin saya pengen nyobain masuk dan nyentuh juga.

    BalasHapus
  11. kayaknya dulu pas esde pernah... mm.. lupa.
    hmm.. jadi pengen ksana.

    salam kenal :)

    BalasHapus
  12. orang surabaya asli baru liat sekarang?? aku aja yang lahir di bungbulang udah berkali2 kesana hufftt....

    BalasHapus
  13. jadi pengen ke monas wkwkwwkkkk....

    BalasHapus
  14. > Arief Bayoe Sapoetra : ayo kapan² mampir ke Surabaya

    > YeN : hahahaha .. jadi pengasuh dong .. masih mending kan pernah kesana daripada enggak

    > Noeel-Loebis : lho iya kah .. ? masih ribet nih sama template

    > Ami : wah kalo saya di Jogja pasti heboh foto2an deh .. hehehe ..

    > Huda Tula : iyo ayo mampir .. template nya cuma ganti pake CSS nya aja kok .. gampang itu mah ..

    > Heinz Ower : wah .. ada paman saya dari Bavaria rek .. hehehe .. thx my uncle .. hope you soon on my country ..

    > Gaphe : saya sarankan pagi aja kalo kesana .. jangan lupa foto² yak ..

    > As : wah udah lama sekali ya .. ayo kesana lagi hehehe .. salam kenal balik .. thx udah mau berkunjung

    > Kiki : huahahahaha .. dalam mimpi ya jang .. ?

    > Bayu : wah keren dong ..

    > Mila Said : haiyah nenek ini lho kok bikin iri ae ya .. aku ya pengen ke Monas Nek ..

    BalasHapus
  15. wag, ga patriotis nih :D
    arek suroboyo tapi ga pernah megang tugu pahlawan!

    kalo ke surabaya aku pasti kesana, kalo ga ke TP ke monumen kapal selam.
    adeku kuliah disurabaya soalnya.

    anyway, soal template ntar aku bantu lewat chat aja ya YM: Geafry 2601 atau Gtalk geafry@necolsen.com add aja dulu, tapi jangan hari ini ya, besok mungkin.. tapi ga janji lho sapa tau ada kesibukan

    BalasHapus
  16. > Geafry Necolsen : kalo lewat aja sih sering .. ke Monkasel juga udah pernah ... kebetulan ada momen pas aja baru bisa keliling Surabaya

    ok .. sudah saya add .. mohon bantuannya ya .. hehehehe ...

    BalasHapus
  17. Wah aq pernah ke Tugu Pahlawan waktu kecil,dulu bgt udh lupa kali. Tapi beberapa bulan lalu pernah kesana lagi ma sohibq rame2,seru bgt kalo rame2. Nah terakhir ke sana sama tmen2 gokilq yaitu "Sukoco". Hwehehehe... :D

    BalasHapus
  18. insyaallah kalau ada rejeki kesurabaya,Gue akan berkunjung kesana,tapi penasaran ama tulisan merdeka ataoe mati itu,itu tulisan peninggalan sejarah atau bukan?.Makasih banyak ya bang atas sarannya..

    BalasHapus
  19. saya belum pernah ke Surabaya:(

    BalasHapus
  20. > Ragil4 : walah om ... lha wong ada sampeyan di foto itu .. hehehehe .. ayo keliling Surabaya lagi nyok .. bareng keluarga kita Sukoco

    > i-one : itu tulisan buatan setelah di renovasi kok kang ... monggo di tunggu kedatangannya di Surabaya

    > Nova Miladyarti : Ayo ke Surabaya .. jangan lupa mampir ya ..

    BalasHapus
  21. K.E.R.RE.E.E.N.N.N.N.NN.!!!!
    voto saia kurang banyak kang . .:p

    BalasHapus
  22. > Anonim : weh .. lha sampeyan sopo lho .. ada di foto ta .. ? pasti arek sukoco iki .. hahahaha .. di postingan berikutnya deh ..

    BalasHapus
  23. mampir....
    aq belum pernah liat tugu pahlawan secara langsung..:((

    BalasHapus
  24. > Nobi : hahahaha .. ayo jalan lagi ..

    > NIT NOT : ayo mampir .. mumpung belom di boongkar lho .. hehehehehe ...

    BalasHapus
  25. jadi pengen ke surabaya. tp sya protes tuh, koq gda sesi kulinernya. hihih

    *ketahuan doyan makan

    BalasHapus

udah baca kan .. ? gimana .. ? ada komentar gak .. ?