Rabu, 22 Juni 2011

Winter Solstice

Buat yang di Surabaya .. kalian ngerasa gak sih kalo di siang hari berasa panas banget .. ya iyalah lah .. secara musim panas gitu .. tapi kalo di malam hari terasa dingin banget bahkan cenderung berangin kencang, hal ini saya rasakan sudah seminggu ini ketika berlatih Yosakoi di halaman tempat kursus bahasa Jepang.
Waktu siang jadi lebih pendek dan waktu malam jadi berasa lamaaa banget.
Ternyata ini adalah efek dari Winter Solstice.


Winter solstice terjadi persis ketika kemiringan aksial dari planet terletak paling jauh dari matahari, tergantung dari letak belahan bumi. Kemiringan maksimum aksial bumi dengan matahari kita selama titik balik matahari adalah 23 ° 26 ‘.
Titik balik matahari musim dingin terjadi pada hari dengan waktu siang terpendek dan malam terpanjang dalam setahun, ketika posisi matahari berada pada titik terjauh dari bumi. Kejadian ini hanya berlangsung beberapa saat dalam kurun waktu tertentu, biasanya bertepatan dengan hari pertama musim dingin.


Ciri-ciri winter solstice paling jelas adalah malam hari yang terasa lebih lama dan siang hari akan terasa sangat cepat. Tergantung pada pergeseran kalender, musim dingin solstice biasanya terjadi pada tanggal 21 atau 22 Desember setiap tahun di belahan bumi utara, dan 20 atau 21 Juni di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia.

Tapi saya masih bertanya .. apakah waktu untuk Sholat jadi bergeser juga ya .. ?
selama ini saya masih mengamati belum ada pergeseran waktu yang signifikan untuk sholat dalam seharinya.
Di beberapa negara, winter solstice dirayakan dengan mengadakan festival musim dingin.
Seperti biasa, Google pun mengganti logo nya untuk memperingati Winter Solstice ini.
Pantesan saya jadi merasa ngantuk ketika matahari sudah terbenam (alasan).

source : wikipedia & sidomi.com

20 komentar:

  1. hehehe...aku bukan ga suka bintang, tapi ga suka binatang ;)

    BalasHapus
  2. gw pikir tadinya ini judul drama korea huahahaa... ternyata kaget gw, tumben nih ada postingan ilmiah gini di blog lu wkwkwkwkkk.. *kabooorrr

    BalasHapus
  3. Huda.....selamat ya kamu menang!!!
    Enjoy reading!

    BalasHapus
  4. Wah pantesan aja kalau siang rasanya , tiba-tiba dah sore,,,hehee

    BalasHapus
  5. > Nuellubis : thx Nuell .. :)

    > Rifka Nida Novalia : hehehe .. maaf tadi salah bacanya .. kurang 'A' ternyata :)

    > Mila Said : yeee .. di pikir sekuel Winter Sonata gitu ya .. ? hahahaha .. sekali sekali berbagi ilmu Nek .. :)

    > Rifka lagi : terima kasih mbak .. pasti saya menikmati membacanya :)

    > Arief Bayoe Sapoetra : wah .. di negara sampeyan juga teraya kang .. ? heheheh .. :)

    BalasHapus
  6. iya mas, aku tadi buka google juga.. ternyata udah mulai masuk musim dingin (bagi yang merayakan).. :P

    BalasHapus
  7. ooo gitu yaa?? baru tahu saiya...
    tapi kok malemnya di sini tetap hangat ya? apa kamarku yang pengap y??
    nice info...

    BalasHapus
  8. saya juga merasa, jam 9 udah ngantuk
    padahal biasanya jam 11 baru ngantuk :D
    #alesantingkattinggi

    BalasHapus
  9. > Adryan Nurdien : bbrrr .. dingin nih .. (di depan kulkas) :P

    > Huda Tula : curhat ta Hud .. ? hahahahaha ..

    > John Terro : weh .. kalo ngantuk gak ada beda waktu John .. hahahaha ..

    BalasHapus
  10. toss dulu ah, bahas soal yang sama. hahaha.

    btw, kamu mau hadiahnya nggak nih?. alamat belom dikirim, tinggal kamu doank.

    alamat lengkap ya, kelurahan plus kecamatannya juga, dan kodepos.
    sore ini mau saya kirim ke mbak rifka soalnya

    BalasHapus
  11. > Gaphe : tosss .. eh itu ikutan kontes apa Phe .. ?
    sudah terkirim kok barusan .. hehehehe .. suwun om Gaphe .. :)

    BalasHapus
  12. sama, di kota gua juga cuacanya ekstrim banget.
    siang panas abis, malem dingin abis.
    waktu solat juga ga terlalu geser kayanya, cuman beberapa menit, 1-2 menit maybe.

    gerhana beberapa hari lalu ngefek ga yah?
    #sotoymode

    BalasHapus
  13. > [L]ain : hhmm .. ngefek gak ya .. kayak nya enggak deh .. hahahaha .. gak betah dingin ya ..

    BalasHapus
  14. wah aq pikir drama2 asia gitu.... ternyata.... tapi di bogor klo malem malah gerah beberapa hari ini....

    BalasHapus
  15. kok saya ga merasa siang lebih pendek yah

    BalasHapus
  16. kalo didaerah saya, jam 6 sore masih terang benderang. apa itu juga efek winter silistece ya? (bener ngga tuh nulisnya)

    BalasHapus
  17. jauh banget dengan winter sonata

    BalasHapus
  18. > Adi Sudiawan : hahaha .. semua mengira judul diatas Drama Korea .. hahaha .. beda lokasi beda suhu ya Kang ..

    > Eks : salah tuh tulisannya .. Winter Solstice hahahaha ..

    > Aryoxs : ya iyalah .. lha wong ini fenomena alam .. bukan drama Korea .. :)

    BalasHapus
  19. Waktu siang jadi lebih pendek dan waktu malam jadi berasa lamaaa banget..kalau begitu sepertinya saya suka, haha :p

    BalasHapus

udah baca kan .. ? gimana .. ? ada komentar gak .. ?