Senin, 24 Januari 2011

Jajanan Lawas

Siang hari yang mendung .. ku lirik jam di sudut monitor .. ternyata udah jam 12:33 wib (gak punya jam tangan) pantesan perut ini gak mau diem (krucuk – krucuk). Ya dah waktunya membuka bekal makan siang yang udah di taruh Ibu di jok motor (maklum tanggal tua gak berani beli makan di luar)
Selesai makan kok perut masih lapar ya … aneh ..
Terpaksa nih beli camilan biar lebih nyaman dikit hehehe ..
Di depan saya ada jajanan lawas (masih baru kok) maksudnya jajanan yang udah ada dari jaman saya belom lahir.      
berondong jagung
Nama jajanan ini apa ya ? saya lupa karena udah berumur..
Anggep aja namanya Berondong Jagung ya .. ya .. ya .. karena saya juga lupa tanya sama bapak itu. Perlahan tapi pasti dia memarut kelapa dan menaburi berondong itu (kesannya kok jadi aneh ya) dengan garam dan gula (pikirannya gak usah ngeres) dan bersiap membungkusnya di plastik.
Dulu sih pembungkusnya dari kertas .. seiring perjalanan waktu di gantikan oleh si plastik yang simple dan gak ribet.       

ready to eat
Sambil jongkok saya bertanya sama bapak itu, interview saya ini udah saya translate ke Bahasa Indonesia .. 
“umurnya brapa pak?” tanya ku
“75 mas” jawab bapak itu
“jualan gini udah brapa lama pak ?”
“dari jaman Pak Harto baru jadi presiden mas .. “
“eh .. busyet dah .. lama amat pak” batin ku kaget
“mungkin dari sampeyan belom ada mas saya jualan ini" 
Sok tau nih bapak
“ouw … gitu … gak bosen pak ?” tanya saya lagi
“lha trus saya makan apa nanti kalo gak jualan gini” Bapak itu ngeyel
“ha ha ha .. “ saya tertawa kecut
“sekarang jaman susah mas, jualan gini aja sudah Alhamdulillah bisa di buat makan satu hari, besok di lanjut lagi jualan gini” eh .. Bapak itu malah curhat.      
bapak penjual berondong
“enak pak, rasanya masih sama kayak jaman dulu” celetuk saya mencicipi berondong jagung (halah .. ngicipi berondong)
“iya mas .. nih saya bawa satu karung kalo kurang”
Yeeee .. pak emang saya tante – tante yang doyan berondong ..
Tapi saya salut lho sama bapak ini .. di jaman yang secanggih ini masih bertahan jualan jajanan jaman dulu sampai sekarang .. kalo saya mah ya sudah gulung tikar.       

Keteguhan dan semangat Bapak itu membuat saya berpikir .. kesederhanaan hidup ini gak bisa di ukur dengan kemodernan jaman yang saat ini sudah sangat tidak dinamis.
Saat ini inovasi sudah sangat berperan penting dalam menciptakan makanan – makanan yang sehat .. tapi tidak bisa di bilang sehat juga, karena ada bahan pengawet yang berbaring di jajanan berkemas menarik tersebut. Semoga masih ada jajanan – jajanan sehat yang bisa saya nikmati di kemudian hari.
Semangat ya Bapak penjual berondong (makna yang sebenarnya) jangan sampai kalah sama jajanan yang gak sehat lainnya.

8 komentar:

  1. enak sih tapi bikin sakit tenggorokan ya.

    BalasHapus
  2. > Mbak Fany : iya ... makanya ini sedia air putih segelas ..

    BalasHapus
  3. ini tuh..jagung apa si..(garuk-garuk)..ini tuh pocorn versia apa...?tapi ditmbah kelapa..?(garuk-garuk)

    hehe
    salam blogger
    Ayu-IPB

    BalasHapus
  4. itu makanan apa sih? kog aku ga pernah liat ya?
    kyknya seru tuh hehehee...
    Akhir2 ini malah aku lg seneng berburu jajanan jadul yang hampir punah...klo dulu bnyk mangkal di depan SD, jmn skrg jajanan SD sosis & nugget -___-"

    BalasHapus
  5. waaah, hebat juga ya bapaknya? kadang aku tuh ga habis pikir, bagaimana mereka tetap survive...

    rejeki dah ada yang ngatur si

    BalasHapus
  6. > Arthuria Arrayyan : nah lho .. bingung kan .. udah sebut aja pop corn .. hehehe .. salm blogger ..

    > Mila : pop corn tradisional mbak ... udah jarang sekarang makanan jadul .. kalah sama makanan siap saji ..

    > Huda Tula : mungkin menurut dia hanya ini yang bisa dia lakukan .. ayo semangat ... !!!

    BalasHapus
  7. Enanknya makan borondong ini malem-malem, sambil nonton film seru bertiga ama anak dan istri.
    Seru dah pokoknya!

    BalasHapus
  8. > Erdien : hehehe .. keluarga yang bahagia .. hehehe ...

    BalasHapus

udah baca kan .. ? gimana .. ? ada komentar gak .. ?