Senin, 30 November 2009

Tersenyumlah ...

Senyum ...... yup .. itu yang aku angkat sebagai tema tulisan untuk hari ini. Itu karena tadi Ibu OB sempat bertanya padaku, "Kenapa mas kok daritadi senyum terus?" tanya Ibu OB,
"ah .. nggak papa buk" jawabku sambil terus senyum.
"oh.. pasti karena nanti gajian ya..?" tebak Ibu OB
"Bukan cuma itu buk, malah lebih dari gajian" jawab ku.
"Opo iku mas .. aku minta dong mas" rengek Ibu OB.
"yeee... mau tahu aja si Ibu" sambil ku teruskan senyuman penuh artiku.

Sebenernya kata senyum itu apa sih artinya .. ? sering kali kita melupakan dan menganggap remeh satu kegiatan yang tak menguras tenaga itu. Dengan senyum kita bisa menyenangkan orang lain, tapi begitu sulit bibir ini merekahkan satu senyuman jika kata lupa tetap menempel di otak kita. Senyum selalu tak lepas dari perasaan bahagia setip orang, biasanya dengan bahagia, senyum selalu muncul dan mengembang walaupun tanpa di perintah.

Kadang kala kita lupa tersenyum pada pasangan kita, padahal dengan satu senyuman ikhlas dari hati, bisa membuat pasangan kita merasa sangat di hargai dan sangat di perhatikan keberadaannya. Indah rasanya bila kita melihat pasangan kita tersenyum pada kita dengan hati ikhlas tanpa beban. Apalagi bila lama tidak bertemu karena ke sibukan masing - masing, serasa semua beban tadi di tempat kerja sirna karena di sapu oleh senyuman pasnag kita.

Senyum .. senyum dan senyum, kegiatan yang menyenangkan dan sangat bermanfaat. Salah satu manfaat senyum adalah

  • Membuat kita lebih menarik. Orang yang banyak tersenyum memiliki daya tarik. Orang yang suka tersenyum membuat perasaan orang disekitarnya nyaman dan senang. Orang yang selalu merengut, cemburut, mengerutkan kening, dan menyeringai membuat orang-orang disekeliling tidak nyaman. Dipastikan orang yang banyak tersenyum memiliki banyak teman.
  • Senyum bisa mengubah perasaan, jika kita sedang sedih, cobalah tersenyum. Senyuman akan membuat perasaan menjadi lebih baik. Menurut penelitian, senyum bisa memperdayai tubuh sehingga perasaan berubah.
  • Senyum menular. Ketika seseorang tersenyum, ia akan membuat suasana menjadi lebih riang. Orang disekitar Anda pasti akan ikut tersenyum dan merasa lebih bahagia
  • Senyum menghilangkan stres. Stres bisa terlihat di wajah. Senyuman bisa menghilangkan mimik lelah, bosan, dan sedih. Ketika anda stres,ambil waktu untuk tersenyum. Senyuman akan mengurangi stres dan membuat pikiran lebih jernih.
  • Senyum meningkatkan imunitas. Senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Fungsi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks. Menurut penelitian, flu dan batuk bisa hilang dengan senyum
  • Senyum menurunkan tekanan darah. Tidak percaya? Coba Anda mencatat tekanan darah saat anda tidak tersenyum dan catat lagi tekanan darah saat anda tersenyum saat diperiksa. Tekanan darah saat Anda tersenyum pasti lebih rendah.
  • Senyum melepas endorphin,pemati rasa alamiah dan serotin. Senyum ibarat obat alami. Senyum bisa menghasilkan endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yg bisa mengendalikan rasa sakit.
  • Senyum membuat awet muda. Senyuman menggerakkan byk otot . Akibatnya otot wajah terlatih sehingga kita tidak perlu melakukan face lift. Dijamin dengan banyak tersenyum kita akan terlihat lebih awet muda.
  • Senyum mebuat kita kelihatan sukses. Orang yg tersenyum terlihat lebih percaya diri,terkenal, dan bisa diandalkan. Pasang senyum saat rapat atau bertemu dengan klien. Pasti kolega kita akan melihat kita lebih baik.
  • Senyum membuat orang berpikiran positif. Coba lakukan ini : pikirkan hal buruk sambil tersenyum. Pasti susah. Penyebabnya, ketika kita tersenyum,tubuh mengirim sinyal "hidup adalah baik". Sehingga saat tersenyum tubuh menerimanya sebagai anugrah.
Bisa jadi semua manfaat senyum bisa kita pelajari dan terapkan setiap hari, dengan tujuan akan membuat hidup kita lebih baik (aku nulis sambil senyum lho). Yang terpenting dari tujuan senyum adalah mebuat hati kita sendiri merasa lebih nyaman hidup di dunia ini. Senyuman bisa di artikan dengan kebahagiaan, kesenangan dan kegembiraan.

Oh iya... ini penting sekali, senyum pada pasangan kita harus di lakukan tiap kali ketemuan lho ya, supaya semua masalah yang kemarin bisa di lupakan, misalnya berantem di sms ataupun di facebook (pengalaman pribadi he he he .. )



9 komentar:

  1. wekekekeke ....
    senyum yg mana ?

    BalasHapus
  2. yang itu .. yang kliatan giginya ... huahahahahahah

    BalasHapus
  3. Kurang satu..
    Senyum itu ibadah...hehe

    BalasHapus
  4. OH IYA .. LUPA ..
    HE HE HE ...

    thx dah di ingetin ...

    BalasHapus
  5. ia yah ,, kok bisa Lupa yah ??
    (sambil garuk2 perut)

    BalasHapus
  6. lha he .. postingan lawas kok sek do comment ....

    BalasHapus

udah baca kan .. ? gimana .. ? ada komentar gak .. ?