Senin, 08 Februari 2016

Wisata Bukit Jamur Gresik

Bukit Jamur Gresik
Minggu pagi entah kenapa identik dengan jalan - jalan. Gak muluk muluk pengen jalan ke tempat yang jauh, yang deket aja juga banyak yang belum terjamah kaki saya.
Rencana di Minggu pagi pengen jalan - jalan ke daerah Gresik yang suhu nya agak hot mungkin lebih hot dari Surabaya.
Tak apalah, berbekal GPS nya smartphone dan GPS ciptaan Allah SWT (baca: mulut) kami berangkat dengan Vario hitam.
Sampai di Gresik ternyata masih jauh dari pusat keramaian, maklum lah kan Bukit Jamur itu adalah bekas pertambangan batu kapur yang sudah tidak aktiv, akhir akhir ini lokasi pertambangan itu digunakan oleh masyarakat sekitar untuk wisata.

Bukit Jamur berada di Desa Bungah, Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik yang pagi itu belum begitu banyak pengunjungnya.
Selfie dikit dan cekrek sana sini menjadi agenda wajib ketika mengunjungi tempat yang indah.



Bukit Jamur terletak di lahan bekas galian batuan kapur di Bukit Kaliwot, Desa Bungah. Pemilik galian C di lokasi bukit jamur, Irsyad Raharja, mengemukakan, lokasi mulai digali sekitar tahun 1992. Bekas galian C itu ditutup tahun 2008 dan sejak 2010 dibuka untuk masyarakat umum. Awalnya lokasi itu hanya dijadikan tempat berburu foto, khususnya untuk foto pranikah.


Awalnya, batu-batuan yang keras dibiarkan begitu saja karena tidak bisa diambil. Bagian yang dikeruk hanya lahan sekitarnya. Akibat terkena panas dan hujan, batuan itu pun terkikis membentuk tudung jamur, lahan di bawahnya membentuk tebing vertikal menyerupai batang jamur.


Bekas lahan galian itu seperti tumbuh jamur-jamur yang baru kuncup berukuran besar. Ada sekitar 40 batu jamur di lokasi seluas sekitar 3 hektar, dari ratusan hektar lahan yang ditambang. Tinggi batuan jamur bervariasi, mulai 2 meter hingga tertinggi sekitar 7 meter.

Bentuk batu yang unik menjadikan bukit jamur ini tempat menarik, khususnya untuk foto-foto bergaya selfie. Tempat itu menjadi terkenal melalui internet dan media sosial.

3 komentar:

  1. Om Kasih link blog portfolio foto2 saya ya, untuk sumber fotonya :)
    Thanx so much

    link : aminuddinn83.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap, sudah saya edit untuk sumbernya, terima kasih atas foto keren nya

      Hapus

udah baca kan .. ? gimana .. ? ada komentar gak .. ?