Rabu, 27 April 2011

Kang Arief Bayoe Sapoetra Give Away

Akhir - akhir ini banyak sekali iklan yang menggunakan obyek anak - anak ... awalnya sih biasa saja saya melihatnya .. entah beberapa bulan belakangan ini saya mulai tersenyum sendiri jika melihat iklan yang bertemakan anak - anak (faktor U kali yak)
Berandai - andai jika saya mempunyai anak nanti .. pasti saya akan menjadi Ayah yang sangat - sangat baik .. karena saya akan memberikan ruang bebas ekspresi untuk anak ..
Terserah deh dia mau ngapain aja .. asal semua di lakukan dalam pengawasan saya nantinya.

Pendidikan agama kelak akan saya tanamkan lebih dini karena saya gak mau nantinya dia bertanya pada waktu yang belum tepat.
Kalau dari yang saya tahu sih biarkan anak berkreasi sendiri .. sehingga kita tahu apa yang suka dia lakukan bila berkreasi sendiri .. nah .. di saat itulah kita tahu apa minat dan hobi dia ..
Saya pernah menangani keponakan saya yang Hyperactive .. gak bisa diam tingkahnya ... selalu bikin masalah.
Pernah baca di suatu artikel majalah .. jika anak hyperactive maka berilah perhatian yang ekstra dan mulailah mengikuti dunianya ..
Dari situ saya simpulkan bahwa anak ini perlu sesuatu yang bisa membuat energi nya yang belebihan itu menjadi tersalurkan ..
Kemudian saya membeli kendang kecil (maaf mampunya yg kecil)
Namanya Dhani .. dia senang banget ketika saya pulang membawa kendang kecil ...
Ternyata penalaran saya berhasil .. saya beri kendang supaya dia bisa mnyalurkan energi yang berlebihan itu dan menjadi sedikit mengurangi gerakan dia yang aktiv.
Sekarang Dhani udah TK B dan dia gemar sekali memukul drum ketika ayahnya (kakak saya) bermain band di studio .. wah .. berarti usaha saya dulu berhasil ya .. sampai saat ini Dhani suka banget ngedrum bareng ayahnya ketika di studio musik.

Susah diatur ... bandel dan hyperactive ... itulah yang saya hadapi ketika saya masih satu rumah dengan Dhani keponakan saya.
Seperti yang saya jelaskan diatas .. saya membawakan kendang kecil untuk menyalurkan bakat dia yang kelebihan energi itu ..
Selain itu saya juga suka membawa dia kelapangan ketika dia udah mulai jenuh dan bandel dengan orang tua ataupun neneknya .. di lapangan dekat rumah saya membawa bola dan bermain bola dengan Dhani sampai bosan dan bandelnya seikit reda.
Sebenernya apa sih yang membuat Dhani bocah kecil itu bandel .. ?
Simple aja .. itu karena keinginan dia tidak di turuti sama nenek dan ortu nya ..
Usaha saya biar dia gak ngambek ataupun reda bandel nya (biasanya suka banting apapun yang ada di depan matanya kalo ngambek atau bandelnya kumat) saya selalu mangalihkan perhatian dia dengan memberi suasana yang berbeda .. saya ajak dia keluar rumah dan melakukan kegiatan outdoor beberapa jam supaya bandelnya reda dan gak marah lagi.
Usaha saya berhasil lho ... ketika pulang ke rumah dia lupa apa yang dia minta ... hahahahahaha .. 

Ketika Dhani mulai bandel ... yang turun tangan biasanya bukan orang tua nya .. tapi nenek nya (ibu saya) alhamdulillah ibu saya hanya tersenyum ketika Dhani mulai keluar bandelnya ...
Ibu saya punya trik ketika menghadapi kebandelan anak kecil (secara anaknya dulu 5 cowok semua)
Pertama ... di rangkulnya pundak Dhani dan mulai diajak bicara .. apa yang menyebabkan dia gak nyaman sehingga bandelnya kumat ..
Kedua ... mengalihkan perhatian Dhani ketika dia mulai bandel dan mengacaukan seisi rumah .. mengalihkannya dengan diajak dialog.
Ketiga ... mengabulkan keinginan Dhani sekira nya dia meminta sesuatu yang gak aneh - aneh.
Keempat ... mengajak Dhani berjanji supaya gak akan mengulangi hal tersebut.
Cukup ampuh juga waktu itu .. hehehe ..

Dhani adalah seorang anak yang cerdas tapi memiliki energi yang berlebihan ... saat ini dia sudah di TK B dan akan beranjak ke Sekolah Dasar, dengan tubuhnya yang bongsor itu dia sudah mampu melakukan kesenangannya sendiri .. salah satunya memutar film favorit dia Thomas and Friend di DVD ruang tamu.
Sepulang sekolah dia ambil CD dari kamarnya lalu naik ke kursi dan mulai menyalakan DVD player ..
berdiri di depan TV sambil menirukan semua yang dia tonton tentunya dengan pengawasan nenek nya waktu itu.
Wah .. anak sekarang hebat ya .. kalo dulu saya mana ngerti DVD itu apaan ..

Kebetulan Ayahnya Dhani punya HP yang sedikit lebih canggih daripada punya saya .. Dhani si anak penuh energi selalu meminjam HP ayahnya untuk melakukan eksperimen dengan memotret apa aja yang ada di depannya sambil tersenyum lebar.
Pernah suatu hari saya mengarahkan dia untuk membuat video dia sendiri dengan merekam gerakan dia .. tak perlu waktu yang lama Dhani pun berhasil meniru saya merekan video sendiri dengan HP ayahnya.
Wah .. wah .. anak jaman sekarang melek teknologi banget ya ..
Pintar - pintarnya kita sebagai pihak yang ada di sekeliling makhluk kecil ini mengarahkan dan membatasi mana aja yang perlu anak itu ketahui .. jangan semua teknologi kita ajarkan kepada dia ..
Pilih mana yang sekiranya perlu untuk diajarkan dan perkenalkan tepat pada waktunya supaya anak tersebut gak gaptek ataupun minder.

Berbagai tingkah laku anak kecil bisa membuat kita terutama saya belajar bagaimana menyikapi dan menghadapi anak kecil kelak.
Awalnya saya sangat sebel ketika Dhani ada di rumah .. tapi untuk saat ini saya bisa mengambil hikmahnya .. saya bisa belajar menghadapi anak kecil .. ilmu yang saya butuhkan kelak di masa depan.

Terakhir saya mau mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 20 buat mbak Uzlifahtul Fitriah yang notabene adalah istrinya kang Arief Bayoe Sapoetra seorang sahabat blogger asal Jember yang sedang menunggu buah hati nya hadir ke dunia ini ..
Semoga panjang umur dan sehat selalu ... setia mendampingi Kang Arief dalam suka maupun duka.

Ya Allah betapa bahagianya kang Arief saat ini ... pantaslah dia mendapat bahagia yang berlimpah .. karena mereka berdua juga ulang tahun pernikahannya yang pertama .. ouh .. so sweeeeett abis ..
Kapan ya saya menyusul kang Arief .. hehehehe ..
Selamat ulang tahun pernikahan buat kang Arief Bayoe Sapoetra .. semoga menjadi keluarga yang sakinah,mawaddah & warahmah.
Enam bulan kedepan pasti kebahagiannya bertambah dengan hadirnya malaikat kecil dalam keluarga kang Arief ..

Amin.

21 komentar:

  1. wah... Dhani calon pemusik masa depan niiii

    BalasHapus
  2. > Aina : Amin .. amin .. amin .. kalo iya bener .. berarti jasa om nya dong beliin dia kendang kecil dulu .. hahahahahaha ..

    BalasHapus
  3. hayoo kamu kapan nyusuull... Istrinya aja 20 taun dah mau punya baby.. kalo kamu 25 tahun?. hahaha. *ups.. no offense

    salam buat Dhani.. kalo kecilnya nakal, biasanya ntar gedenya sukses dan pinter loh!. *kayak saya
    #hueekk

    BalasHapus
  4. > Gaphe : weh ... ntar dulu om .. ini masih ribet sama hidup sendiri ..
    Amin .. semoga Dhani menjadi anak yg pinter .. yo koyok om nya toh ...

    BalasHapus
  5. @gaphe: ga usah ngurusin orang laen dulu... lu kapan nyusullll? wakakakakk....

    @hoedz: ini giveaway apa lagi sih? lu hobi banget ikutan give away hehehee

    BalasHapus
  6. > Mila Said : huahahahahaha .. sapa sih yg gak mau hadiah .. blom dikasih tau hadiahnya apaan .. pokoknya ikut aja .. hihihihi .. Gaphe .. liat tuh omongan Mila ..
    btw ... apa kabar kakek Arai di anti kemapanan itu .. ? huahahahahaha ...

    BalasHapus
  7. @hoedz: kog tiba2 nanyain arai pas ditanya kpn nyusul pny baby? curiga nih gw.. jangan-jangan.... Hiiiii.... x_x

    BalasHapus
  8. > Mila : maksudnya yang senior duluan gitu .... di tunggu undangannya ya .. huahahahahahahahaha ....

    BalasHapus
  9. Aku save dulu filenya kang terima kasih partisipasinya ..... & doa-doanya.....:)

    BalasHapus
  10. wah istrinya mas bayoe masih muda ya..20 tahun..kalah muda saya..

    BalasHapus
  11. Saya juga suka main sama anak-anak kecil. Dalam suatu pesta undangan saja tante-tante saya bisa menitipkan 5 orang balita yg bandel, tapi lucu...

    Pernah tangan saya hampir putus ditarik dari dua arah yg berlawanan. Untung ngga bener2 putus deh...

    BalasHapus
  12. Hoedz, hyperactive lain loh sama super aktif. Hiperaktif butuh obat untuk ngontrol gerakan. tapi emang dimana-mana ibu2 suka bilang anak terlalu aktif disebut hiperaktif.
    sukses ya buat tulisannya

    BalasHapus
  13. Anak-anak, gimanapun mereka tetap menyenangkan.

    selamat buat istrinya mas Bayu:D

    BalasHapus
  14. wew... kalau hiperactive biasanya pinter tuh. salut sama kamu yang mendukung hobinya! mantabs!

    BalasHapus
  15. Selamat ya hoedz....ternyata kamu lebih pinter ya dalam menilai anak2, meskipun belum punya anak sendiri...
    yang namanya anak kecil/balita...dimana2 emg mengasyikan dan sekaligus bikin kesel...tp itu tdk bisa disebut bandel/nakal lho...

    keponakan bunda dulu diberitahu dokter jg hyperaktif...sampai usia 8th, bener2 capek deh lihat tingkahnya gak mau diam...tp dg bertambah umur <skrng sdh 13th...ia tumbuh menjadi anak pinter dan jd anak band yg jago dg 3 macam alat musik...
    Salam u keponakanmu ya...

    BalasHapus
  16. haha... lucu...
    slm knl y


    dkung green computing yach....
    d www.greand.co.cc

    BalasHapus
  17. haii.. salam kenal...

    saya juga pecinta anak2...
    yang belum punya anak.. hehee

    BalasHapus
  18. aku bukan pecinta anak2 dan belum punya anak....
    semoga saja tetep bisa mencintai anak saya dengan baik dan sehat...
    #cemas

    BalasHapus
  19. Makanya kita harus cerdas dalam mendampingi anak dalam meihat TV, iklan banyak sekali untuk anak-anak, jangan sampai terpengaruh dengan media

    BalasHapus
  20. keren ..

    semoga sukses y .. :)

    BalasHapus

udah baca kan .. ? gimana .. ? ada komentar gak .. ?