Sabtu, 24 Juli 2010

Festival Yosakoi 2010

Maaf agak telat nulis artikel Yosakoi 2010 ini di karenakan suatu hal, hhmm .. agak sedikit berbeda dari Yosakoi tahun lalu .. yaitu untuk kali ini saya benar - benar seperti reporter yang sedang meliput suatu event .. bawa kamera DSLR sambil mondar mandir gitu .. wekekekeke (gak penting ya)
Baiklah .. selesai basa - basinya .. (serius.co.id)

Festival YOSAKOI di Surabaya diadakan pertama kali pada tahun 2002 dalam rangka peringatan "Tahun Pertukaran Masyarakat Jepang - ASEAN", atas kerjasama Kota Kembar Surabaya dan Kochi, Jepang.

Di Jepang, Festival Yosakoi merupakan salah satu Festival (tarian masal) yang terkenal dan di selenggarakan setiap tahun di kota Kochi pada tanggal 9 - 10 Agustus. Festival ini diciptakan pada tahun 1954 dengan harapan untuk mengatasi resesi ekonomi dan meningkatkan kesehatan dan kesejahtaeraan masyarakat penduduk kota Kochi.






Pada festival ini, lebih dari 15.000 peserta yang datang dari seluruh penjuru Jepang dengan berbagai kostum, berpawai di jalan - jalan utama kota Kochi untuk menyemarakannya. Festival asal Kochi ini sangat digemari masyarakat Jepang, khususnya kalangan pemuda, sehingga tersebar ke seluruh peloasok Jepang. Kini Festival Yosakoi ini diadakan hampir 200 tempat di Jepang.







Kata "YOSAKOI" berasal dari kata "YORU SA KOI" yaitu "Datanglah malam ini"






Untuk tahun ini 18 Juli 2010 ada 39 tim yang akan tampil di Festival Yosakoi 2010 di Taman Bungkul Surabaya.
Tim dari Pandu Siwi Surabaya tampil sebagai juara umum Festival ini, Pandu Siwi berhak meraih Piala Wali Kota Kochi, Jepang dengan menyisihkan sebanyak 38 tim lain yang ambil bagian pada festival tahunan ini.
Selain juara umum juga ada kategori anak - anak dan tingkat dewasa, juara kostum terbaik dan juara favorit.






Tim Siwrahatnala Surabaya berhasil menjuarai katagori anak-anak, sementara tim Universitas Negeri Surabaya di katagori dewasa.
Pemenang kostum terbaik katagori anak-anak adalah SMPN 4 Jembrana, Bali dan tim Chandik Ayu Surabaya di kelompok dewasa. Sedangkan tim Hyakka Ryouran Jakarta sebagai juara favorit.






Staf Penerangan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Arfil Syahadat, mengatakan jumlah peserta festival tahun ini sebanyak 39 tim, terdiri dari 10 tim anak-anak (SD dan SMP) dan 29 tim dewasa (SMA dan perguruan tinggi serta umum)


numpang nampang bentar



Ada satu yang menarik dari kutipan perkataan juri yang berasal dari Jepang
"Penyelenggraan Yosakoi di Indonesia lebih variatif dari segi koreografi juga kostum, di tonjolkan unsur batik dan goyangan khas ala Indonesia yang sangat tidak mungkin masyarakat Jepang melakukannya, menarik sekali"


Naruto Vs Kizame wakakaka gak mirip blas


12 komentar:

  1. artikel menarik. semoga bermanfaat bagi kalangan pembaca.

    BalasHapus
  2. > Andi : thx Ndi .. info ringan kok ... mohon saran nya bila ada yg kurang .. thx udah berkunjung .. :10

    BalasHapus
  3. > Cerpenis : cross culture setiap tahunnya selalu ada festival tari Remo nya mbak .. jadi bukan cuma kebudayaan Jepang saja ...

    BalasHapus
  4. > Arif : yup seru banget ... banyak yg pake costum jepang + anime gitu .. ada juga para peserta tari Remo yang gak kalah keren .. :24

    BalasHapus
  5. mana foto YOSAKOI SMA MAHARDHIKA?? huft...
    :32

    BalasHapus
  6. wah keren, kapan yang 2011 nih sob ?

    BalasHapus
  7. aduh...cantiknya...ya penarinya...n kostumnya Tim Yosakoi SMPN1 Surabaya......

    BalasHapus

udah baca kan .. ? gimana .. ? ada komentar gak .. ?