Sabtu, 30 Januari 2010

Wonosalam yang gagal

Minggu 17 Januari 2010, dua hari setelah hari pentingku, iseng tapi pasti aku merencanakan untuk liburan, sekedar melepas penatnya pikiran yang tiap hari di jejali kesibukan kerja.
Salah satu teman menawari buat liburan ke daerah Wonosalam, katanya di sana ada air terjunnya yang sangat indah. Air terjun Pengajaran itu namanya.

Menempuh perjalanan sekitar 10 KM dari desa Wonosalam, pada minggu siang aku berangkat tanpa persiapan apapun, karena rencananya mendadak sekali. Dengan motor aku menaiki jalanan desa Wonosalam yang sempit dan berliku. Sepanjang jalan malah aku lihat banyak sekali orang yang berjualan buah durian (benci bgt ma buah ini) di depan rumah mereka masing - masing, ya iyalah .. secara desa Wonosalam kan penyuplai buah durian, selain buah durian ada juga buah rambutan yang terkenal banget di daerah ini. Sampai - sampai aku tak berhenti mendongak keatas, banyak banget buah rambutan yang bergelantungan di pohon tiap rumah warga desa ini.

Dengan tekad seadanya aku sampai di bibir hutan pengajaran yang siap menyambut petualangan ku. Melintasi jalan setapak yang di kirinya menganga jurang yang lebar dengan di bawahnya mengalir sungai kecil dengan arus yang cukup deras. Lumayan berat medan perjalanan menuju air terjun itu, tapi dengan tetap semangat aku jalan langkah demi langkah menyusuri hutan dan sesekali melintas sungai kecil.

Sekitar 2 jam aku berjalan jauh mencapai air terjun tersebut, dengan susah payah juga sih (sedikit menggerutu). Diperjalanan aku bertemu muda mudi yang akan pulang dari air terjun tersebut. Ternyata sangat jauh juga menuju lokasi itu. Sekitar separuh perjalanan aku urungkan niat ku untuk menuju air terjun itu. Setelah menimbang dan memutuskan, akhirnya aku urungkan niat ku ke air terjun tersebut, padahal air terjunnya udah kelihatan di depan mata. Tapi aku berpikir dua kali, kalo sampai di sana mungkin sudah sore dan membutuhkan waktu 2 jam untuk kembali lagi, dan mungkin sudah gelap di hutan. Dengan banyak kemungkinan itu aku urungkan niat semula, yah ... rencana dadakan gagal. Ya sudah .. mungkin lain kali aku bisa melihat langsung air terjun itu.

Perjalanan pulang .. aku mampir di sungai utuk membersihkan diri dan sedikit narsis he he .. foto sana sini. Langka banget pemandangannya, di Surabaya mana ada pemandangan kayak gini. Lagi asyik di foto (mantan foto model) tiba - tiba aku merasakan nyeri di kaki ku. Kuangkat kaki kiri ku dan ternyata ... darah segar dan kental mengalir deras dari jempol kaki ku. Ternyata jempol kiriku robek, hhmm ..... ngilu, nyeri, pusing jadi satu bercampur waktu itu. Dengan bantuan teman ku aku sampai di rumah penduduk dan membersihkan luka ku kemudian di balut terus langsung pulang.
Sampai sekarang luka itu masih nyerii walaupun sedikit sembuh. Tapi tak apa lah ... itung - itung pengalaman buat kesana lagi.

15 komentar:

  1. hihiihihihi,,,,, mau seneng malah seneb mas, kapan kapan kalo ke sana lagi ama aku aja, mampir kerumahku, wekekekke.... maksdnya minta dibawain oleh oleh yang banyak :D, jadi blom nyampe air terjun tho, walah sayang sekali, aku juga pengen kesana ni, hikz.. lekas sembuh ya kakinya :D..

    Wonosalam Desaku :-P

    BalasHapus
  2. ech, ngga seneng Duren yah, kalo aku seneng banget wehehehe

    BalasHapus
  3. > Inuel : hehehehe .... kapan² aku balik lagi kesana .... duren gak enak .. mending rambutan ae ... hayoooo .. kalo km pulang ke wonosalam aku bawakan ya ...

    BalasHapus
  4. wahhh
    mau donkk diajak2 main ke sana
    :)

    yang penting gratis yaaaa
    hehe

    BalasHapus
  5. > Rusa : ayo ...... kalo mau backpacker lho ya ..... ayo rame² lebih seru ....

    BalasHapus
  6. Mang bagus tuh, aku terakhir kesana 5 tahun yang lalu, waktu kelas 2 SMA..hehe

    BalasHapus
  7. > Bryan : wah udah lama sekali ..... gak pengen balik lagi kesana .. ?

    BalasHapus
  8. Walah! sampeyan iku petualang to Cak...?

    BalasHapus
  9. > Djoko : mulai menyukai petualangan .... masih belajar ...

    BalasHapus
  10. Apikè Air terjunè, jadi pingin ke air terjun.

    BalasHapus
  11. arqu3fiq : kamerane yo apik kok .. hehehe .. ayo sob ... kapan aku bisa ikut lagi ...

    BalasHapus
  12. wah sayang sekali iku......
    aku terakhir ke air terjun pengajaran tahun baru 1997. waktu itu masih rame banget sampe ga bisa lewat saking padatnya pengunjung.
    kabarnya sekarang dah sepi gara2 ada pembunuhan seorang gadis SMA beberapa tahun lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu saya kesana saya gak mendengar isue itu mas, jadi gak takut waktu kesana hehehe :)

      Hapus
  13. Wah.....Padahal itu tempat yang cukup bagus untuk perkemahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut saya kurang pas mas, soalnya masih banyak yg belum di jelajahi, masih rawan kalo malam

      Hapus

udah baca kan .. ? gimana .. ? ada komentar gak .. ?